7 Bahan Masakan Alami sebagai Penyedap Masakan

Friday, November 4, 2016


Kebanyakan orang menyukai rasa gurih pada makanan. Makanya penggunaan penyedap rasa biasa digunakan dalam masakan. Rasa gurih atau umami dalam bahasa Jepang dihasilkan dari beberapa jenis asam amino dan nukleotida (seperti glutamat dan aspartat).

Karena kepedulian terhadap kesehatan, banyak orang yang tidak menggunakan penyedap rasa saat memasak di rumah. Ibu saya salah satunya.Beliau lebih memilih untuk menambahkan gula ke dalam masakan yang dibuat. Perpaduan garam dan gula menimbulkan rasa gurih dalam masakan. Cara ini pasti juga banyak digunakan oleh kebanyakan orang Indonesia. 

Selain menambahkan gula, ada bahan-bahan lain yang juga bisa menimbulkan rasa gurih dalam masakan. Inilah beberapa di antaranya:

Tomat
Ibu saya sering menganjurkan agar saat memasak menggunakan tomat dalam jumlah yang agak banyak supaya gurih. Ternyata memang benar, saat membuat tumis sayuran misalnya, hasilnya terasa lebih gurih dan lezat.

Tomat memang mengandung asam glutamat. Saat tomat matang, tingkat asam glutamat di dalamnya pun meningkat. Makanya, supaya masakan terasa gurih, gunakan tomat matang saat memasak.

Bawang merah, Bawang Putih, dan Bawang Bombai
Bawang merah dan bawang putih merupakan bahan wajib dalam masakan Indonesia. Biasanya diiris tipis atau dihaluskan dengan cara diulek terlebih dahulu sebelum diolah dalam masakan. 

Kalau sedang memasak, saya biasanya juga menggunakan bawang merah dan bawang putih dalam jumlah agak banyak. Masakan yang dihasilkan terasa gurih seperti memakai penyedap rasa. Bawang putih kaya akan glutamat. Sedangkan bawang merah mengandung asam aspartat dan asam glutamat. 

Selain kedua jenis bawang tersebut, bawang bombai juga sering digunakan dalam masakan. Biasanya bawang bombai digunakan saat membuat sup dan tumisan. Bawang bombai mengandung glutamat dalam kadar tinggi.

Jahe
Kalau diperhatikan, masakan China banyak yang menggunakan jahe. Rupanya inilah salah satu kunci dari kelezatannya. Untuk memberikan rasa gurih dan lezat pada masakan, jahe yang mengandung glutamat biasanya diiris tipis, dimemarkan, atau diparut terlebih dahulu sebelum diolah bersama bahan-bahan lainnya.

Selain memberikan rasa gurih, jahe juga berguna untuk menghilangkan bau amis pada daging sapi, ayam, atau ikan.

Daun Bawang
Banyak masakan yang menggunakan daun bawang misalnya pada masakan berkuah seperti sup sayuran dan soto. Kalau membuat sup atau soto, bahan masakan yang terakhir saya masukkan adalah daun bawang. 

Karena dimasukkan terakhir, masakan terasa menjadi lebih segar dan sedap karena kandungan glutamat dalam daun bawang. Saat digigit, daun bawangnya pun masih terasa renyah. Daun bawang mengandung glutamat yang menimbulkan rasa gurih.

Seledri
Seledri menjadi pasangan daun bawang saat membuat sup. Iris-iris seledri, masukkan di saat terakhir proses pemasakan, dan masakan pun terasa semakin gurih dan nikmat. Seledri yang mengandung glutamat ini akan terasa renyah saat digigit. 

Selain memberi rasa gurih pada masakan, seledri juga berguna untuk menghilangkan bau yang tajam saat membuat kaldu.


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS